Apa itu CLUSTER?

Divinisi clusterisasi adalah pembatasan area transaksi penjualan pulsa berdasarkan area tertentu (biasanya meliputi beberapa kecamatan). Merupakan kebijakan/startegi operator seluler untuk membagi wilayah pendistribusian pulsa dan mendorong pengusaha lokal agar mampu mengembangkan dan mengoptimalkan potensi pasar seluler di wilayahnya masing-masing.

Tujuan Clusterisasi sebagai berikut :
A. Menjamin Ketersedian Pulsa Di Pasaran
B. Menjaga Kestabilan Harga
C. Memonitor Pendistribusian Pulsa
D. Mencegah Penyalahgunaan Distribusi Pulsa
E. Mencegah Kelangkaan Pulsa

Istilah-istilah dalam clusterisasi :
1. Inner adalah transaksi pada saat posisi user (pembeli pulsa) dan posisi chip penembak pulsa (Agen) berada pada satu wilayah cluster.

INNER

2. Out Cluster/Cross Cluster adalah transaksi pada saat posisi user (pembelipulsa) dan posisi chip penembak pulsa (Agen) berbeda posisi cluster tapi masih dalam satu area/region.

CROSS CLUSTER
3. Out Region/Cross RegionĀ adalah transaksi pada saat posisi user (pembelipulsa) dan posisi chip penembak pulsa (Agen) berbeda area/region.

CROSS REGION

Dalam clusterisasi, yang di benarkan dalam bertransaksi ialah saat posisi INNER dimana Agen dan User berada dalam satu wilayah cluster. Hal ini yang dijadikan acuan oleh pihak operator selluler untuk mengetahui pendistribusian pulsa.